Parapat, Simalungun, Destinasi Wajib Bila ke Danau Toba

Februari 13, 2018
1. Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang cukup unik dengan letak geografisnya, dimana Pulau ini merupakan salah satu pulau yang terbesar di indonesia. Kabupaten Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang baru lahir dikarenakan Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Toba Samosir. Objek wisata yang di tawarkan disini cukup banyak mulai dari wisata alam yang cukup menawan dan wisata adat – istiadat yang kental menjadikan Pulau Samosir merupakan salah satu objek wisata yang cukup di andalkan di Provinsi Sumatera Utara.

2. Parapat

Parapat merupakan tempat wisata yang cukup indah pemandangannya, karena disini anda akan disuguhkan dengan alam yang cukup memukau, karena sepanjang perjalanan menuju parapat anda bisa beristirahat disepinggir jalan untuk melihat pemandangan danau toba yang cukup luas, disana juga anda bisa bersantai dan beristirahat dengan minuman kopi dan makanan ringan lainnya. Selain itu juga sebelum sampai di kota parapat anda akan melihat banyaknya monyet yang berkeliaran untuk mencari makan, jadi tips buat anda yang mau menuju kesana sebaiknya membawa makanan ringan seperti kacang dan kue yang nantinya akan anda akan berikan buat monyet dispenjang jalan. Parapat sendiri berada di girsang sipangan bolon Kabupaten Simalungun, akses perjalanan yang di tempuh dari medan ke Kota Parapat hannya membutuhkan waktu 4 – 5 jam saja dari Kota Medan.

3. Bakara

Bakara sendiri merupakan nama daerah yang ada di kabupaten Humbang Hasundutan yaitu kecamatan baktiraja, di tempat ini anda bisa berwisata alam dan melihat pemandangan indah danau toba, bagi anda yang hobby memancing anda bisa Wisata Mancing disana sambil menikmati pemandangan yang indah, kalau anda beruntung ikan mujahir dan ikan mas kiloan anda bisa bawa pulang dari tempat ini.

4. Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai ini terletak di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara, perjalanan anda dapat gunakan menggunakan jalan darat dan udara, jika anda dari medan anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju kota balige dengan lama perjalanan kurang lebih 6 Jam perjalanan, tapi jika anda ingin cepat sampai anda bisa melalui bandara kuala namu medan bisa terbang menggunakan pesawat menuju siborong – borong kabupaten taput, hanya menempuh setengah jam saja. Wisata Danau Toba Di lumban silintong memang menarik anda bisa berjalan di sepanjang bibir pantai, disana anda bisa berenang bersama keluarga dan menikmati pemandangan indah dan tawaran wisata kuliner yang cukup menggoyang lidah seperti makanan khas ikan bakar khususnya ikan mas dan ikan mujair yang langsung dari danau toba dan makanan panggang lainnya.

5. Pulau Sibandang

19 Objek Wisata Danau Toba yang Wajib dikunjungi adalah Pulau Sibandang berlokasi di wilayah Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini merupakan pulau yang dikelilingi oleh danau toba. Untuk mengakses daerah ini anda bisa menggunakan akses kapal karena untuk menuju daerah ini tersedia perahu untuk mengantar anda menuju ke pulau sibandang, di pulau ini di huni oleh 1000 an kepala keluarga. Di sini banyak sekali buah mangga jika anda beruntung pada musimnya anda bisa makan buah mangga yang harganya cukup murah dan rasanya yang manis dan anda bisa memakannya sepuasnya.

6. Tongging

Desa Tongging merupakan Desa yang berada di kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Tongging merupakan tempat wisata yang menarik karena menawarkan pemandangan danau toba yang cukup eksotis dari tempat ketinggian, anda bisa mengabadikan foto bersama dengan keluarga anda disana.

7. Pusuk Buhit

Cerita Adat Istiadat yang kental masih kita dapatkan di daerah Pusuk Buhit, dimana Pusuk buhit merupakan perbukitan yang berada di daerah Pulau Samosir, menurut sejarah masyarakat disana bahwa tempat inilah asal mula orang batak yang dinamakan Mula Jadinabolon. Di tempat ini kita akan disuguhkan pemandangan yang cukup indah, sehingga anda akan merasa kagum melihat panorama alam yang di tawarkan, untuk menuju kesana tersedia bus yang tersedia di kaki bukit yang menuju pusuk buhit, tetapi itupun angkutan umum tersebut tidak sampai di puncak bukit, masih di butuhkan berkisar 500 meter lagi menuju daerah puncak. Sehingga disarankan jika anda berada di pulau samosir anda harus singgah menuju tempat yang satu ini.

8. Sipinsur

Sipinsur merupakan tempat wisata alami yang cukup indah di Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana Wisata Sipincur sangat sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, sebenarnya tempat wisata ini cukup menarik, namun sangat disayangkan karena lokasi wisata ini tidak terawat dengan baik, karena minimnya fasilitas seperti tempat makan dan minum, namun dari segi kondisi jalan sudah baik. Untuk menuju lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 60 menit saja dari bandara silangit kabupaten tapanuli utara. Lokasi Sipinsur sendiri menjadi lokasi wisata persinggahan saja, karena di uraikan hal tersebut di atas yaitu minimnya fasilitas makan dan minum yang tersedia disana, semoga saja Pemerintah setempat memberikan perhatian yang lebih baik lagi untuk mengelola tempat wisata dimaksud.

9. Ambarita

Tempat Wisata Danau Toba yang kita bahas berikutnya adalah Ambarita disini cukuplah menarik karena menawarkan wisata adat istiadat yang masih kental, dimana bangunan yang ada menjadi saksi bisu bagaimana dahulu perkampungan ini berada. Karena dulu masyarakat batak masih sempat memakan manusia, sungguh menyeramkan memang, tetapi berkat datangnya para misionaris menjadikan masyarakat batak sudah mulai mengenal agama kristen sehingga budaya memakan manusia berangsur – angsur hilang.

10. Simanindo

Simanindo merupakan salah satu Desa di Kabupaten Samosir, yaitu berada di Pulau Samosir, di dusun huta bolon anda dapat meilihat rumah batak selain itu anda juga bisa melihat benda – benda peninggalan pendahulu orang batak, disini anda juga akan disuguhkan dengan tarian khas orang batak yaitu Tarian Tortor.

11. Pangururan

Pangururan merupakan salah satu kecamatan yang ada di pulau samosir kabupaten samosir provinsi sumatera utara. Di panguran anda dapat menikmati suguhan pemandangan danau toba, bagi anda yang hoby berenang bersama keluarga disini tempatnya, disini anda tidak perlu takut penginapan dan ketersediaan makanan disana, karena di kota ini tersedia hotel dan makanan yang beragam untuk anda coba di tempat ini, salain itu disini juga anda akan menikmati pemandian air panas alam yang sangat terkenal, karena di samosir cuaca agak dingin, jadi sangat disarankan bagi anda yang berkunjung ke samosir anda harus berendam air panas di Pangururan.

12. Tomok

19 Objek Wisata Danau Toba yang Wajib dikunjungi adalah Tomok, Disini anda bisa melihat boneka sigale – gale yang sangat terkenal, yaitu boneka yang bisa menari – nari tetapi dengan bantuan di gerakkan oleh seseorang di belakangya, boneka ini terbuat dari kayu dan di beri pakaian batak, dimana cerita terdahulunya merupakan boneka yang di buat dikarenakan kerinduan orang tuanya kepada anaknya tidak pernah pulang. dulu saya pernah membahasnya di sini. Selain itu juga anda akan bisa melihat museum Raja Sidabutar, disini anda bisa melihat makam yang sangat tua yang terbuat dari batu dan dipahat sedemikan rupa, dan merupakan makam yang sangat unik dan tidak bisa kita jumpai pada zaman sekarang ini.

13. Tuktuk

Tempat ini merupakan lokasi yang pertama sekali kita jumpai jika kita menyebarang dari parapat menuju pulau samosir, disini anda dapat menikmati pemandangan danua toba yang cukup memukau selain itu disana anda akan di tawarkan dengan adat istiadat yang kental, di tuktuk juga anda bisa membeli sovenir yang cukup beragam mulai dari hiasan dingding, ukiran patung, ulos hingga alat – alat musik tradisonal batak seperti taganing, hasapi dan seruling batak, disini anda pasti akan puas dengan beragamnya oleh – oleh yang bisa kita bawa dari sana.

14. Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai berada di Kecamatan Sianjur mula – mula dan untuk menuju ke sini anda sebaiknya melewati pangururan samosir saja karena lokasinya cukup dekat dari sana, di sini anda akan melihat 7 (tujuh) pancoran air dari sumber air yang sama dengan rasa yang berbeda – beda, sungguh unik memang, selain itu juga airnya dipercaya mampu untuk mengobati berbagai penyakit.

15. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni merupakan danau di atas danau yang cukup spektakuler dikarenakan juga danau yang terletak di kecamatan pangururan. Danau ini sering memberikan cerita tersendiri karena warnanya sering berubah – ubah sesuai dengan kejadian – kejadian yang sering terjadi di Negara kita.

16. Danau Aek Natorang

Danau Aek Natorang merupakan salah satu danau yang berada di daerah Kecamatan Simanindo, Danau ini merupakan danau di atas danau, tempat ini merang kurang di kelola dengan baik, dikarenakan akses jalan yang masih tidak baik untuk dilalui kendaraan, padahal di danau ini terletak eksotis pemandangan yang cukup menakjukkan untuk dikunjungi pada Wisata Danau Toba.

17. Kampung Siallagan

Kampung Siallagan ini merupakan perkampungan yang berdiri kokoh pada zaman kerajaan Raja Laga Siallagan, perkampungan ini merupakan tempat yang cukup menarik karena di tempat ini berdiri bangunan rumah adat batak dan dikelilinggi pagar batu – batuan dan bambu yang dulunya merupakan penghalau dari serangan binatang buas. Di tempat ini ada yang di sebut batu parsdangan tempat ini merupakan tempat untuk mengadili seseorang yang berbuat jahat, tapi anda tidak perlu takut dengan cerita history yang lebih lengkap anda akan dapatkan disana dipandu warga yang lama tinggal disana.

18. Desa Suhi Suhi

Untuk menempuh daerah Desa Suhi Suhi ini anda akan disuguhkan dengan perkampungan batak yang cukup menarik karena di daerah ini anda juga akan melihat bangunan – bangunan rumah adat istiadat yang cukup menarik, relif bangunan yang khas seperti gorga atau ukiran – ukiran pada dingding rumah menjadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta seni. Wisata Danau Toba sungguh menarik, Di desa ini mata pencarian yang paling banyak di tekuni para perempuan adalah membuat ulos yang cukup menarik, karena ulos yang di buat merupakan ulos yang di rajut dengan alat tradisional sehingga menghasilkan rajutan kain yang cukup rapi dan baik, banyak motif dan gaya yang di tawarkan untuk anda beli disini, sehingga harganya bisa terkejut mendengarnya bisa sampai 10 juta rupiah, tapi anda tidak takut berbelanja disana karena kain ulos ada juga yang harganya yang ratusan ribu rupiah tetapi tergantung bahan dan kerumitan ulos yang di buat para pengrajin.

19. Rumah Pengasingan Mantan Presiden RI Soekarno

Tempat ini merupakan tempat bersejarah karena disini merupakan rumah yang cukup indah dan mempunyai history sendiri karena rumah ini sempat di tempatti oleh presiden pertama kita presiden soekarno, di tempat ini anda bisa melihat pemandangan danau toba dari sisi lain cukup indah karena danaunya langsung lepas luas dari atas bangunan ini.

(sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »